Selamat Tahun Baru 2013 "

Banner

Kamis, 03 Januari 2013

Bagaimana Mempertahankan Karyawan Terbaik


Tim Terbaik adalah yang berisi orang dengan Talenta dan Potensi terbaik, dan yang paling penting adalah mereka dapat membentuk sebuah Kebersamaan atau Sinergi dalam Tim.  Seorang bintang diperlukan sebagai penggerak dan motivator dalam kinerja tim.
Menciptakan lapangan pekerjaan adalah satu hal sedangkan menjaga pemain utama Anda di dalamnya? Sama sekali hal yang berbeda.  Pengusaha yang memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja. Itu bagus bagi perekonomian kita, dan untuk masyarakat kita secara keseluruhan, tetapi untuk pengusaha sendiri tantangan nyata selalu dihadapkan dengan namanya retensi. Tugas pokok, dari sudut pandang pengusaha, melampaui dari sekedar menciptakan lapangan kerja. Ini menciptakan lapangan kerja yang tidak hanya akan menarik orang-orang yang baik, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan, dari waktu ke waktu, yang terbaik dan tercerdas.
Sebagai pengusaha, Anda dapat membawa orang-orang hebat ke dalam bisnis Anda sebelum Anda benar-benar tahu apa yang Anda butuhkan dari mereka. Anda mungkin tidak mampu membayar mereka sebanyak yang Anda suka atau sebanyak yang mereka layak. Sering kali, mereka datang di lantai dasar dan mengumpulkan pengetahuan kritis. Dan ketika Anda membutuhkan mereka yang paling, itu hanya terlalu kemungkinan bahwa pasar akan menyeret mereka pergi.
Itu berarti Anda perlu untuk mendapatkan secara langsung terlibat dalam retensi karyawan. Karyawan tidak akan tetap karena ukuran gaji. Mereka akan tinggal karena mereka merasa diakui (recognized), terlibat (engaged), tertantang (challenged), dan bagian dari tim (part of a team).  Mulailah dengan memutuskan apa yang Anda butuhkan untuk dipertahankan.  Beberapa orang lebih berharga bagi perusahaan daripada yang lain, sehingga perlu adanya fokus pada hal-hal yang penting bagi mereka. Hal ini untuk menjaga yang terbaik dari sudut Anda dalam jangka panjang:
keeping top talent• Promosi dari Dalam (Internal Resources). Seseorang dengan Talenta dan Potensi Tinggi biasanya mengasumsikan bahwa mereka harus pindah untuk maju. Maka dengan adanya Staffing secara internal memberikan karyawan Anda alasan untuk tetap tinggal.
• Pastikan Terlibat dan Terhubung Langsung.  Jika bintang Anda tidak diberi pekerjaan yang merangsang, pengakuan, dan kesempatan untuk berkembang, mereka dapat dengan mudah terlepas. Memfasilitasi mereka dengan kesempatan untuk membangun hubungan langsung dengan klien memastikan bahwa mereka mendapatkan otonomi dan pengakuan pada pekerjaan. Hal ini juga memberi mereka peningkatan wawasan ke dalam tentang apa yang benar-benar membuat bisnis Anda berjalan sesuai tracknya.
• Melibatkan Keluarga Karyawan. Kegiatan liburan untuk anak-anak karyawan tidak hanya membebaskan dan melegakan karyawan Anda, namun akan membangun hubungan antara perusahaan dan keluarga karyawan. Intel dan SAS adalah contoh bagus tentang bagaimana perusahaan-perusahaan menanamkan hubungan keluarga ke perusahaan, membuat hubungan kerja lebih personal dan oleh karena itu, sulit bagi mereka untuk berhenti.
• Perketat Zona Nyaman. Lakukan Rotasi terhadap Top Talent Anda ke posisi yang mungkin berada di luar zona kenyamanan mereka. Buatlah upaya untuk menetapkan orang dengan potensi tinggi terhadap tugas berisiko dan menantang. Microsoftsecara proaktif menggerakkan karyawan ke dalam proyek yang menuntut perolehan pengetahuan dan keterampilan baru, daripada ke proyek-proyek yang akan memungkinkan mereka untuk mengandalkan pelajaran yang sudah dipelajari. Google selalu mem-posting proyek-proyek dan memfasilitasi seleksi mandiri karyawan mereka untuk mengarah pada pengembangan diri sendiri (self development).
• Pengembangan Program Pelatihan.  Coaching tidak hanya untuk perusahaan besar dan program pembinaan Anda tidak harus menjadi sebuah masalah besar, dengan adanya pelatihan (training) dan ikatan dinas (binders). Cobalah sesuatu yang kecil dan informal, seperti koordinasi mingguan dengan secangkir kopi untuk memastikan bahwa karyawan sudah berjalan pada jalur sesuai tujuan mereka. Hal ini sangat penting selama enam bulan pertama, ketika risiko turnover sangat tinggi. Unsur-unsur umpan balik dan pembinaan memainkan peran penting dalam mengurangi tingkat turnover awal sebesar 17% dan memperpendek siklus belajar di sebagian besar pekerjaan sebesar 20%.
• Hubungkan Kompetensi dan Strategi Bisnis. Mengapa orang melakukan hal-hal yang mereka lakukan? Bagaimana mereka berkontribusi pada bottom line? Pastikan bahwa setiap orang memahami pentingnya apa yang mereka lakukan, dan mengapa mereka melakukannya. Ini terdengar sangat dasar, tapi itu sangat mudah diabaikan dalam kegiatan harian. Sama pentingnya: Jika orang hilang keterampilan yang menjadi kunci sukses bisnis, maka pastikan mereka mendapat kesempatan belajar.
• Terlibat dalam Strategi Perusahaan. Mengakui bahwa orang Anda telah belajar hal-hal di tempat kerja dan mampu berkontribusi dalam artian yang lebih luas. Mintalah mereka untuk berpartisipasi dalam pertemuan dan berpikir secara aktif tentang arahmasa depan perusahaan.
• Memfasilitasi Perencanaan Karir.  Perencanaan Karir berkaitan erat dengan pembinaan, namun hal ini memerlukan kejelasan. Walau tim Anda kecil, tapi perlu untuk bergerak maju, maka ciptakan kesempatan bagi orang untuk belajar dan terlibat, dan karir untuk naik. Dalam organisasi kecil, orang sering berpikir bahwa tidak istilah promosi atau moving up. Anda perlu mengatasi pandangan ini.  Komunikasikan apa yang dapat Anda lakukan dan tidak terhadap karir mereka. Jika peluang karir mereka tertutup, Anda perlu meningkatkan peluang karyawan tentang keseimbangan hidup dan kerja. Anda mungkin perlu tawarkan cuti atau cara kerja yang fleksibel (misalnya, bekerja dari rumah, paruh waktu, job-sharing).
• Buatlah Struktur Pekerjaan Alternatif atau Paruh Waktu. Tidak semua turnover didorong karena ambisi karir karyawan. Kadang-kadang karyawan meninggalkan pekerjaan hanya untuk lebih banyak waktu dengan keluarga mereka. Dengan dimungkinkannya berbagi pekerjaan (job sharing), pekerjaan paruh waktu (part-time work) dan telecommuting, perusahaan kecil dapat mengambil keuntungan dengan jumlah pekerja berbakat yang mencari kesempatan.


0 komentar:

Posting Komentar